Profil FISIP UMC

Selama lebih dari 20 tahun, FISIP UMC berkontribusi positif menciptakan sumberdaya manusia yang unggul, profesinal, mandiri dan islami sebagai modal dalam membangun bangsa.

Sambutan Dekan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat datang kepada seluruh pembaca website Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Cirebon (FISIP UMC), yang telah setia mengikuti perkembangan kegiatan kampus kami melalui platform digital ini.

Sebagai pimpinan Fakultas, kami ingin menyampaikan apresiasi yang tinggi atas ketertarikan dan partisipasi Anda dalam mengetahui informasi seputar kegiatan akademis dan non-akademis yang ada di lingkungan kampus kami. Website ini merupakan salah satu sarana penting bagi kami untuk terhubung dengan seluruh sivitas akademika dan masyarakat luas, sehingga kami berusaha untuk senantiasa memberikan informasi yang relevan dan terkini.

Dalam setiap kegiatan kampus yang diadakan, baik itu seminar, workshop, temu ilmiah, diskusi publik, acara kebudayaan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dan lainnya kami selalu berusaha untuk memberikan wawasan dan pemahaman yang mendalam mengenai berbagai isu terkini dalam bidang ilmu sosial dan ilmu politik. Tujuan utama kami adalah menciptakan lingkungan akademis yang dinamis, inklusif, dan berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan serta pengembangan potensi mahasiswa.

Kami ingin mengajak seluruh pembaca setia kami untuk turut berperan serta dalam mengembangkan kampus ini menjadi lembaga pendidikan yang bermutu dan berdaya saing tinggi. Setiap sumbang saran, kritik, dan dukungan dari Anda sangat berarti bagi kami dalam menjalankan amanah pendidikan dan penelitian di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Dalam menghadapi tantangan dan perubahan yang semakin cepat di era globalisasi ini, kami percaya bahwa kolaborasi dan keterbukaan informasi adalah kunci keberhasilan dan kemajuan bersama. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam setiap kegiatan kampus, guna memastikan bahwa Fakultas ini tetap menjadi tempat yang inspiratif dan inovatif bagi seluruh civitas akademika.

Terakhir, mari kita bersama-sama membangun komunitas akademis yang progresif, inklusif, dan berdaya saing tinggi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kami berharap agar keberadaan website ini dapat menjadi wadah yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, dan menjadi sumber inspirasi dan pengetahuan bagi pengembangan diri dan masyarakat.

Terima kasih atas perhatian dan dukungan Anda. Mari kita terus bergandengan tangan dalam mewujudkan visi dan misi kampus yang lebih baik ke depannya. Terima kasih.

Dekan FISIP

Drs H Subhan, M.Si

Sejarah FISIP UMC

Pada awal pendirian Universitas Muhammadiyah Cirebon di tahun 2000, terbentuklah 3 fakultas yaitu Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Ekonomi (FE). UMC didirikan pada tahun 2000 berdasarkan SK MendiknasNo. 203/D/0/2000 pada 28 September 2000. Pada awalnya FISIP UMC mengelola tiga program studi yakni S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Pemerintahan dan D3 Hubungan Masyarakat. Pada tahun 2019, D3 Hubungan Masyarakat melebur ke dalam Fakultas Vokasi. Fakultas Ilmu Sosial Politik UMC berada di kampus dua UMC Jalan Fatahillah Watubelah Sumber. Kawasan ini merupakan kawasan strategis yang yakni di pusat Pemerintahan Kabupaten Cirebon di Sumber. Akses menuju kampus FISIP UMC merupakan koneksi antara jalur nasional pantura dan tidak jauh dengan akses tol Trans Jawa. Selain itu lokasi ini tidak jauh dengan koneksi jalur selatan Jawa Barat (Cirebon, Kuningan, Ciamis, Tasik, Bandung). Selanjutnya pada tahun 2019, D3 Humas kembali masuk ke FISIP UMC.


Kehadiran FISIP UMC di tengah masyarakat merupakan salah satu terobosan strategis untuk pengembangan wilayah. Dengan posisi lokasi yang dapat diakses oleh berbagai wilayah, FISIP UMC harus mampu menjadi mercusuar yang menerangi pembangunan kawasan khususnya di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.. Pada akhirnya kehadiran FISIP UMC diharapkan memiliki kontribusi positif khususnya menciptakan sumberdaya manusia yang unggul, profesional, mandiri dan islami sebagai modal dalam membangun bangsa.

Dalam rangka merealisasikan kiprah FISIP UMC maka dibuatlah beberapa perencanaan strategi (Renstra). Renstra ini tentunya tersusun dalam tinjauan aspek analisis tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dimiliki oleh FISIP UMC. Renstra ini dibuat sebagai peta jalan (road map) yang akan dijadikan panduan oleh FISIP UMC dan merupakan ijtihad kreatif. Dengan demikian semua aktivitas atau program yang akan dilakukan harus (a) bertumpu pada kekuatan institusi; (b) responsif terhadap peluang-peluang yang ada; dan (c) harus didukung dengan rencana yang visible. Selain itu, rencana strategis juga akan dijadikan panduan evaluasi pelaksanaan program.

Visi

“Menjadi fakultas dalam bidang ilmu sosial dan ilmu politik yang Unggul, Islami, Profesional, Mandiri”

Misi

Menyelenggarakan kegiatan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah secara terpadu yang meliputi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang Komunikasi, Ilmu pemerintahan dan Hubungan Masyarakat yang mendorong perkembangan IPTEK dan dapat memenuhi kebutuhan dunia usaha dan industri.
Menciptakan suasana akademik yang mendukung pada peningkatan kualitas bidang Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan dan Hubungan Masyarakat sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Mendorong sikap dan jiwa kewirausahaan yang kreatif dan inovatif.Perform all work with the highest level of excellence in mind.​

Tujuan Fakultas

Berkembangnya nilai spiritualitas keislaman dengan meningkatnya keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan berakhlak mulia. Selain itu berkembangnya potensi civitas akademika FISIP UMC yang cerdas, berilmu, cakap, kreatif dan mandiri. Atas dua hal tersebut diharapkan mampu mengkonstruksi masyarakat madani.
Terwujudnya atmosfer akademik yang ditandai kemampuan inovasi kreatif, diseminasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang memberikan nilai manfaat untuk kemaslahatan bagi masyarakat, bangsa dan negara.
Terbinanya nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan yang mencerdaskan dan mencerahkan bagi seluruh civitas akademika dan kehidupan yang lebih luas.
Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidangnya serta memanfaatkannya bagi kemajuan Islam dalam peningkatan taraf hidup masyarakat.
Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan sehingga mampu hidup mandiri

Akreditasi